PENGEMBANGAN PENGELOLAAN APLIKASI GENERIK DAN SPESIFIK

  • Bidang Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generic dan Spesifik adalah unsur pembantu pimpinan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas melalui sekertaris dinas
  • Bidang Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generic dan Spesifik dipimpin oleh kepala Bidang
  • Bidang Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generic dan Spesifik mempunyai tugas menyusun rencana dan program kerja, penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar serta pemantauan evaluasi dan pelaporan di Bidang Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generic dan Spesifik dan suplemen yang terintegrasi, penyelenggraan ekosistem TIK Smart City, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan public dan kegaitan, penyelenggaraan Government Chief Information Officer (GCIO) di Pemerintah Kabupaten Pengembangan Sumber daya TIK Pemerintah Daerah dan Masyarakat di Kabupaten.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana di maksud di atas Bidang Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generic dan Spesifik mempunyai fungsi :
    • Penyusunan Rencana dan Program kerja di bidang pengembangan pengelolaan aplikasi generic dan spesifik;
    • Penyiapan bahan perumusan kebijakan Bidang Pengembangan Pengelolaan Aplikasi Generic dan Spesifik layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga pelayanan public dan kegiatan, penyelenggaraan GCIO di pemerintah Kabupaten, pengembangan Sumber daya TIK pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten.
    • Penyiapan bahan pelaksana kebijakan di Bidang Infrastruktur data center , disaster recovery center dan TIK, layanan Nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan public dan kegiatan, penyelenggaraan Government Chief Information Officer (GCIO) di pemerintah Kabupaten, pengembangan sumber daya TIK pemerintah daerah dan masyarakat di Kabupaten;
    • Penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria penyelenggaraan di bidang layanan Nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan public dan kegiatan, penyelenggaraan Government Chief Information Officer (GCIO) di pemerintah kabupaten, pengembangan sumber daya TIK pemerintah daerah dan masyarakat di kabupaten;
    • Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervise dibidang layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan public dan kegiatan, penyelenggaraan Government Chief Information Officer (GCIO) di pemerintah kabupaten, pengembangan sumber daya TIK pemerintah daerah dan masyarakat di kabupaten;
    • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan public dan kegiatan, penyelenggaraan GCIO di pemerintah kabupaten, pengembangan sumber daya TIK pemerintah daerah dan masyarakat di kabupaten
    • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
    • Pelaporan pelaksanaan tugas
  • Bidang Pengembangan, Pengelolaan Aplikasi Generik dan Spesifik membawa 3 seksi:
  • Seksi layanan Pengembangan, pengelolaan Aplikasi Generik, spesifik dan Suplemen Terintegrasi
  • Seksi Pengembangan Ekosistem TIK
  • Seksi Pengembangan Sumber Daya TIK
  1. Seksi Layanan Pengembangan, Pengembangan Aplikasi Generik, Spesifik dan Suplemen Terintegritas mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dalam menyusun rencana dan program kerja, penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria dan pemberian bimbingan teknis dan supervise, serta pemantauan evaluasi dan pelaporan terkait fungsi bidang pengembangan dan pengelolaan aplikasi generic, spesifik dan suplemen terintegrasi di kabupaten.
    1. Seksi Layanan Pengembangan, Pengembangan Aplikasi Generik, Spesifik dan Suplemen Terintegritas mempunyai tugas :
    1. Menyelenggarakan layanan pengembangan aplikasi pemerintah dan pelayanan public yang terintegritas
    1. Melakukan layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan public
    1. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya
    1. Membuat laporan pelaksanaan tugas
  1. Seksi Pengembangan Ekosistem TIK mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas menyusun rencana dan program kerja penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria dan pemberian bimbingan teknis dan supervise, serta pemantauan evaluasi dan pelaporan terkait fungsi bidang pengembangan dan pengelolaan aplikasi generic, spesifik terkait fungsi penyelenggaraan ekosistem TIK smart city, serta layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan public dan kegiatan di kabupaten.
    1. Seksi Pengembangan Ekosistem TIK mempunyai tugas :
  2. Menyelenggarakan layanan pengembangan Business Process Reengineering pelayanan dilingkungan pemerintah dan non pemerintah (Stakeholder Smart City)
  3. Menyiapkan layanan sistem informasi Smart City
  4. Menyiapkan layanan interaktif pemerintah dan masyarakat
  5. Menyiapkan penyediaan sarana dan sarana pengendalian Smart City
  6. Menyiapkan layanan pendaftaran nama domain dan sub domain instansi penyelenggara Negara bagi kepentingan kelembagaan
  7. Melakukan pelayanan public dan kegiatan pemerintah
  8. Menetapkan sub domain terhadap domain yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat
  9. Melakukan layanan pengelolaan domain dan sub domain pemerintah kabupaten
  10. Melakukan layanan peningkatan kapasitas aparatur dalam pengelolaan domain ortal dan website
  11. Menetapkan dan mengubah nama pejabat domain
  12. Menetapkan dan mengubah nama domain dan sub domain
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya
  14. Membuat laporan pelaksanaan tugas
  1. Seksi Pengembangan Sumber Data TIK mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dalam menyusun rencana dan program kerja, penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervise serta pemantauan evaluasi dan pelaporan terkait fungsi bidang pengembangan GCIO serta pengembangan sumber  daya TIK pemerintah daerah di kabupaten dan masyarakat di kabupaten.
    1. Seksi Pengembangan Sumber Data TIK mempunyai tugas:
  2. Menyelenggarakan layanan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-government kabupaten
  3. Melakukan layanan koordinasi lintas organisasi perangkat daerah
  4. Melakukan layanan koordinasi lintas pemerintah daerah dan lintas pemerintah pusat serta non pemerintah
  5. Melakukan layanan integrasi pengelolaan TIK dan e-government pemerintah kabupaten
  6. Melakukan layanan peningkatan kapasitas aparatur dan sertifikasi teknis bidang TIK
  7. Melakukan layanan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi e-government dan smart city
  8. Melakukan layanan  implementas e-government dan smart city
  9. Melakukan promosi pemanfaatan layanan smart city
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya

Membuat laporan pelaksanaan tugas.