PENGEMBANGAN OPINI DAN ASPIRASI PUBLIK

  • Bidang Pengembangan Opini dan Aspirasi Publik mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam menyusun rencana dan program kerja, penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria dan pemberian bimbingan teknis dan supervise serta pemantauan evaluasi dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi public di lingkungan pemerintah daerah, pengelola informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah serta pelayanan informasi public kabupaten.
  • Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat (1), Bidang Manajemen dan pendayagunaan pengelolaan Data Elektronik mempunyai fungsi :
  • Penyusunan rencana dan program kerja di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik
  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi public dalam lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah serta pelayanan informasi ublik di kabupaten
  • Penyiapan bahan pelaksana kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik dalam lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah serta pelayanan informasi public di kabupaten
  • Penyiapan bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria penyelenggaraan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi public dalam lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah serta pelayanan informasi public di kabupaten
  • Penyiapan bahan pemberian bimbingan teknis dan supervise di bidang pengelolaan opini dan aspirasi public dalam lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah serta pelayanan informasi public di kabupaten
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi public dalam lingkup pemerintah daerah, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah serta pelayanan informasi public di kabupaten
  • Pelaksanan tugas lainnya sesuai dengan bidangnya
  • Pelaporan pelaksanaan tugaas
  • Bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada kepala dinas.
  • Bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik membawahi :
  • Seksi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik;
  • Seksi Pengelolaan Data Infomasi Lintas Sektoral;
  • Seksi Pelayanan Informasi Publik.
  • Seksi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang pengelolaan opini dan aspirasi public dalam Pembina menyusun rencana dan program kerja, penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervise serta pemantauan evaluasi dan pelaporan pengelolaan opini dan aspirasi public.
  • Dalam melaksanakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat (1) Seksi pengelolaan opini dan aspirasi publik mempunyai fungsi :
  • Menyelenggarakan layanan monitoring isu public di media (Massa dan media social);
  • Melakukan pengumpulan pendapat umum (survey dan jejak pendapat);
  • Melakukan pengelolaan data pengaduan masyarakat di kabupaten;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugasnya;
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas.
  • Seksi pengelolaan opini dan aspirasi publik dipimpin oleh seorang kepala Seksi yang berada dan bertanggungjawab kepada kepala bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik.
  • Seksi Pengelolaan Data Informasi Lintas Sektoral mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik dalam pengelolaan menyusun rencana dan program kerja, penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria dan pemberian bimbingan teknis dan supervise, serta pemantauan evaluasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah di kabupaten.
  • Dalam melaksanakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat (1) Seksi pengelolaan data informasi lintas sektoral mempunyai fungsi :
    • Menyelenggarakan layanan pemantauan tema komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan pemerintah daerah;
    • Melakukan pengelolaan dan analisis data informasi untuk mendukung komunikasi publik lingkup nasional dan daerah di kabupaten
    • melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya
    • membuat laporan pelaksanaan tugas.
  • Seksi Pengelolaan Data Informasi Lintas Sektoral dipimpin oleh seorang kepala Seksi yang berada dan bertanggungjawab kepada kepala bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik.
  • Seksi Pelayanan Informasi Publik mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik dalam menyusun rencana dan program kerja, penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan criteria dan pemberian bimbingan teknis dan supervise, serta pemantauan evaluasi dan pelaporan pelayanan informasi public di kabupaten.
    • Dalam melaksanakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat (1) Seksi Pelayanan informasi publik mempunyai fungsi :
    • Menyelenggarakan layanan pengelolaan informasi public untuk implementasi undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.
    • Melakukan layanan pengaduan pelayanan informasi publik untuk implementasi undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai tugasnya
    • Membuat laporan pelaksanaan tugas.

Seksi pelayanan informasi publik dipimpin oleh seorang kepala Seksi yang berada dan bertanggungjawab kepada kepala bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik.