Rapat Paripurna I Pembahasan dan Persetujuan Raperda Tentang Pertanggung Jawaban APBD Tahun Anggaran 2019

Rapat Paripurna I

Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen kamis 22 Oktober 2020 DPRD melaksanakan Rapat paripurna I dengan topik pembahasan dan persetujuan rancangan Peraturan Daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2019 rapat paripurna ini dihadiri langsung  oleh Bupati Kepulau Yapen, Tony Tessar, S. Sos, Plh. Sekda Asisten III Administrasi Umum, Erny Tania, Forkopimda Kabupaten Kepulauan Yapen, serta  Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen. Dalam sambutan Ketua DPRD Kepulauan Yapen Yohanes G. Raubaba, S. Sos mengatakan bahwa pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati secara berturut turut dengan mempertahankan Opini WTP dari BPK – RI perwakilan  Papua.

Sambutan Bupati

Pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 oleh Pemerintah Kabupaten atas laporannya Kepada BPK – RI perwakilan Provinsi Papua dengan tepat waktu tahun anggaran  2019. Berdasarkan penilaian pemeriksaan, maka BPK – RI memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Ketua DPRD menyampaikan bahwa laporan pertanggung jawaban keuangan daerah oleh Pemerintah kabupaten Kepulauan Yapen, talah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI perwakilan Papua dan ditindak lanjuti oleh DPRD Kepulauan Yapen  dengan membentuk panitia guna menindaklanjuti rekomendasi BPK.  Dan sidang diskor, sementara  akan dilanjutkan pada jam 20. 00 wit untuk mendengar laporan dari panja DPRD dan fraksi – fraksi.” Terangnya.

Sementara itu dalam pidato Bupati Kepulauan Yapen, Tony Tessar, S. Sos menyampaikan bahwa, Keuangan Pemerintah Daerah berbasis akrual yang telah di audit serta muat dalam laporan hasil pemeriksaan BPK – RI perwakilan Provinsi Papua, yang di dalamnya memuat tentang laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan sisa anggaran lebih, dan catatan atas laporan keuangan tahun 2019.

Untuk itu, Bupati menyampaikan  terima kasih dan penghargaan kepada entitas pengelola keuangan Daerah, baik di Eksekutif maupun Legsislatif atas segala upaya dan kerja keras yang dilakukan, serta berpesan kiranya Opini WTP yang kita peroleh ini jangan sampai membuat kita lengah sebab masih ada yang perlu untuk kita benahi dan labih ditingkatkan lagi kedepan. (Kominfo /W.Kabiay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *