Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kunjungan Bapak Kepala Diskominfo Kep. Yapen ke DUKCAPIL Kep. Yapen


Pada hari Rabu, 7 Oktober 2020 bertempat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bapak Willem Zaman Bonay, S. Sos bersama staf bertemu dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Yapen Bapak Harold Weno, A. P M. Si di ruang kerjanya menanyakan tentang cara pencegahan penularan Covid-19 di area Kantor Dukcapil yang dilakukan oleh pegawai dalam melayani masyarakat.

Dalam hal ini disampaikan Harold Weno bahwa, “Terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan yaitu menyangkut e-KTP, akta kelahiran dan produk-produk lainnya yang ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini, tetap kami selenggarakan dalam masa pandemi Covid-19 ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sudah diberlakukan bagi seluruh instansi Pemerintah terutama yang berkaitan dengan pelayananan publik”.

Jadi bisa dilihat pada halaman kantor dinas dukcapil ini telah menggunakan tenda posko dari badan penanggulangan bencana daerah. “Kami melakukan koordinasi, kemudian kami mendapat peminjaman satu buah tenda posko. Tenda posko ini kami gunakan untuk kegiatan perekaman KTP elektronik. Otomatis dibutuhkan ruang gerak yang leluasa sehingga pengaturan terhadap petugas layanan maupun para pemohon, kita bisa atur dengan baik, kita bisa tertibkan terutama memulai dengan mencuci tangan menggunakan sabun, kemudian tetap menggunakan masker, yang berikut menjaga jarak dan kami usahakan tidak terjadi adanya kerumunan. Sehingga untuk saat ini sudah tersedia pelayanan perekaman KTP elektronik dengan ruang gerak yang leluasa, itulah upaya – upaya dari Dinas Dukcapil” lanjut Weno. “Kemudian upaya – upaya proteksi terhadap para petugas di Kantor ini juga kami kedepankan untuk selalu menggunakan masker, kemudian menyediakan hand sanitizer yang bisa digunakan oleh seluruh petugas. Yang pasti bahwa untuk pemohon, Dukcapil selalu mengarahkan supaya ketika berinteraksi dengan petugas wajib menggunakan masker agar kita bisa benar – benar menjalankan upaya – upaya untuk memutus mata rantai covid 19” Pungkasnya.

Selanjutnya menanggapi pertanyaan berikut dari Bapak Willem Zaman Bonay, S.Sos mengenai rencana persiapan Bapak Weno sebagai pimpinan untuk mengingatkan seluruh petugas supaya menggunakan masker standar kesehatan dan wajib untuk digunakan mengingat staf bapak di sini bersentuhan dengan masyarakat dari berbagai lapisan dan berbagai tempat, sedangkan dilihat masker yang digunakan bervariasi. Bapak Weno mengatakan sebagaimana tadi sudah saya singgung upaya – upaya untuk menegakkan protokol kesehatan di masa pandemi ini tetap kami kedepankan.

Terkait dengan jenis ataupun ketentuan masker yang sesuai dengan standar kesehatan akan benar –benar kami adakan untuk bisa digunakan oleh seluruh staf. Sehingga betul – betul upaya untuk memproteksi para petugas di kantor ini, sehingga tidak terpapar virus corona, maka kami tidak hanya sebatas menganjurkan tetapi didukung dengan penyediaan masker yang sesuai dengan standar kesehatan.

W. Kabiay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *