PERTEMUAN KEPALA DINAS KOMINFO DENGAN PENGGUNA VSAT KOMINFO DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Kepala Dinas Kominfo dan Kabid

Bertampat di gedung pusat pelayanan masyarakat ( Puspenmas ) Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Yapen, pada hari jumat 24 januari 2020. Kepala Dinas Kominfo Willem Zaman Bonay, S.Sos didampingi kepala bidang Layanan Insfrastruktur data Center TIK Yorry N. Kumajas, S.Kom, melaksanakan rapat dengan para kepala puskesmas, kepala sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK bersama operator pengguna v-sat Kominfo, guna mendapat penjelasan tentang layanan jaringan internet yang sementara tidak beroperasi karena masa kontrak dari pihak ketiga kementerian komunikasi dan informatika telah selesai tahun 2019.
Dengan demikian Kepala Dinas mengundang para Kepala Puskesmas, dan Kepala Sekolah serta operator guna mendapat penjelesan tentang jaringan yang sedang tidak beroperasi yang oleh karena masa kontrak telah berakhir.

Peserta Pertemuan

Menurut Kepala Dinas Kominfo “ Sesuai dengan informasi dari kementrian bahwa ada pergantian v-sat dengan teknologi yang lebih baik migrasi dari C – Bond ke Q – Bond. khusus untuk Papua dan terlebih khusus lagi, untuk Kabupaten kepulan yapen vsat dari kementrian kominfo atau dari bhakti itu seluruhnya memang sudah tidak aktif lagi karena masa kontraknya telah berakhir pada 31 Desember 2019. untuk sekolah dan puskesmas ini ada rentang waktu dimana akan dilakukan pergantian alat. oleh sebab itu, Menurut kepala Dinas kami mengundang Kepala Puskesmas dan Kepala Sekolah untuk mendengar langsung penjelasan agar kami tahu yang mana sangat terdesak untuk memakai jaringan internet.
Kata Willem khususnya bagi sekolah – sekolah agar bisa menggunakan internet di Dinas Kominfo untuk sementara waktu, agar mengirim data dapodik. Kemudin sekolah – sekolahYPK bisa menggunakan di Klasis GKI Yapen Selatan untuk mengirimkan data dapodiknya, ada juga bisa bekerja sama dengan Kepala Badan Pemberdayaan Maskarakat Kampung, Karena ada satu v-sat yang terpasang disana dan juga ada di sekolah SMA Theologia yang ada di Anotaurei. Itu adalah tempat – tempat yang bisa digunakan untuk mengirmkan data, pungkasnya.
Dari pertememuan tersebut, kurang lebih 69 pengguna v-sat yang ada di Kepulauan yapen khususnya Puskesmas dan sekolah yang hadir memenuhi undangan hanya 9 kepala sekolah dan satu kepala puskesmas hal ini, sangat disayangkan oleh Kepala Dinas Kominfo, menurut beliau dengan kesempatan pertemuan ini agar dapat memperoleh data yang akurat sehingga pihak dinas tahu berapa puskesmas dan sekolah yang belum mendapat bantuan internet sehingga kedepannya dapat di perhatikan. (Kominfo/Awk) 

Author: Lukas Awaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *